Bikin Panekuk, Yuk!

Kudapan spesial akhir pekan untuk keluarga? Kenapa tidak mencoba membuat panekuk? Kudapan praktis, bergizi, dan lezat ini memiliki bahan dasar terigu, telur, gula pasir, dan susu. Tambahkan mentega dalam adonan untuk mendapatkan sensasi gurih dalam setiap gigitannya. Hmmm..

Wikipedia menginformasikan bahwa panekuk berasal dari bahasa Belandapannenkoek. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang “ringan” karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilkyogurt, atau susu kedelai.

Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapelselai, ataumadu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.

Sebuah hotel terkenal di Bogor pernah menyajikan panekuk sebagai salah satu menu sarapannya. Kebetulan ketika itu, saya berkesempatan menghadiri sarapan di hotel tersebut. Sayangnya, kue panekuk sangat lezat tersebut diberi padanan saus yang sangat tidak matching: gula jawa yang dicairkan!

Rasa manis pekat dari gula jawa memberi kesan eneg ketika dipadukan dengan kue panekuk yang pada dasarnya sudah memiliki rasa manis. Saat itu, saya sempat menyarankan chef-nya untuk membuat kreasi saus panekuk menggunakan buah-buahan untuk memberi paduan rasa yang segar. Atau jika masih ingin menyajikan saus manis, madu terasa lebih cocok. 

***

Beberapa bulan lalu, saat ibu mertua saya mengirim banyak mangga hasil panen, saya mencoba membuat panekuk dengan saus mangga. Enak lho!  Saya mendapatkan inspirasi resep dari sini. Jika teman-teman ingin mencoba ikut membuat, berikut resepnya:

Panekuk Saus Mangga

Bahan Jus Mangga:
500 gr mangga

Bahan Panekuk:
2 cangkir tepung terigu
1 sdm gula pasir
2 btr telur
1/2 cangkir susu cair
1 cangkir jus mangga
2 sdm mentega cair

Bahan Saus:
300 ml jus mangga
3 sdm gula pasir
2 sdt tepung maizena
1/4 cangkir air matang
potongan2 mangga sesuai selera

Cara membuat jus:
– Blender daging buah mangga hingga menjadi jus

Tips:
Jika tdk ada blender, parut daging buah hingga mjd jus. Jgn lupa cuci tangan ya.. 

Cara membuat Saus:

  • Panaskan jus mangga & gula pasir sampai mendidih.
  • Larutkan maizena dlm air, tuang ke dlm adonan jus. Aduk dg api kecil hingga mengental
  • Matikan api, dinginkan


Cara membuat panekuk:

  • Campurkan terigu & gula pasir, aduk rata
  • Tambahkan susu, telur, & jus. Aduk dg cepat dg sendok, skitar 10 menit, hingga tekstur adonan halus. Kekentalan yg pas ditunjukkan dg bentuk tetesan adonan berupa segitiga jika kita mengangkat sendok pengocok.
  • Tambahkan mentega cair, aduk rata.
  • Panaskan wajan anti lengket, oles dg sedikit mentega/ minyak sayur.
  • Tuang 1 sendok sayur adonan, kmdn ratakan ke permukaan wajan. Tutup wajan (± 5 detik) agar panas merata. Gunakan api sedang.
  • Balik, tutup lagi. Setelah adonan berwarna coklat merata, angkat.
  • Lakukan terus, hingga adonan habis.

Penyajian:
Hidangkan panekuk hangat2 dg saus mangga yg telah didinginkan dan potongan buah mangga

***

Di seluruh dunia terdapat berbagai variasi panekuk. Poffertjes adalah salah satu variasi panekuk yang berukuran kecil. Crêpe adalah salah satu variasi panekuk yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis.

Kue-kue tradisional yang rasanya mirip dengan panekuk antara lain adalah kue cubit khas betawi dan kue manjoo khas jepang. Adakah kue tradisional lain yang rasanya mirip panekuk? 

FEB 24, ’10 11:55 PM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s