Blog & Shop: Bagaimana Bisa?

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan mengikuti kompetisi menulis yang diadakan MIC Publishing dengan tema Bye-Bye Office. Sebuah tema yang mengangkat pengalaman para peserta dalam memutuskan resign dari tempat kerja dan memilih menjadi entrepreneur. Pas banget dengan yang saya lakukan dan alhamdulillah tulisan saya terpilih sebagai salah satu finalis dan sampai saat ini masih dagdigdug menunggu pengumuman akhirnya. Doakan ya lolos dan bisa menjadi buku ke-5 saya ya!  
 
Salah satu efek tak terduga yang saya dapatkan setelah memuat cuplikan tulisan tersebut dalam note Facebook adalah banyaknya pertanyaan yang datang tentang bagaimana memulai bisnis online. Ya, saya memilih menjalani bisnis online selepas resign dengan salah satu pertimbangan adalah fleksibilitas waktu dan tempat. Beberapa teman rupanya tertarik dengan bisnis online dengan pertimbangan yang sama, namun masih bingung bagaimana memulainya.
 
Percaya atau tidak, bisnis online saya berawal dari nge-blog. Sebuah aktivitas yang sangat saya sukai sejak dulu karena memuaskan dahaga menulis dan dentaman ide yang seringkali datang tak terduga. Bagaimana bisa?
 
Memang bisa kok  
 
Nge-blog menggiring saya berkenalan dengan lomba-lomba antar-blog maupun lomba dengan basis blog. Selain gila menulis, jujur saja (hee..) saya juga gila lomba. Ada desakan adrenalin yang mengusik ketenangan jika ada lomba menulis yang (menurut saya) realistis tapi belum juga saya ikuti. Jadilah saya peserta lomba ini itu dengan bermodalkan blog saya ini. Tak heran kalau sidebar saya bertenggeran beberapa logo penyelenggara lomba ya. Anggap saja sebagai pemanis blog manis ini 
 
Alhamdulillah, beberapa lomba yang saya ikuti membuahkan hadiah yang sangat mengesankan, meski mungkin sederhana. Kebanyakan sih hadiahnya buku, jenis hadiah yang selalu saya terima dengan sangat senang hati. Cling! Dari situlah saya terpikir bahwa blog (dan tulisan) bisa dioptimalkan menjadi sumber pendapatan tambahan. 
 
Benar saja, saat saya memutuskan resign menjelang kelahiran Hanif dan usia Hanif sudah cukup besar (6 bulan), saya memutuskan untuk membuka toko online. Tidak cukup dengan bergabung ke forum-forum jual beli di dunia maya ataupun fasilitas jejaring sosial seperti Facebook, saya tetap merasakan perlunya sebuah website resmi toko online saya. Tapiiii.. mengingat kemampuan programming, modal di kantong, dan waktu luang saya sangat tidak cukup untuk bisa membuat website sendiri, saya harus memutar otak tentang proyek website ini.
 
Pilihan saya serta merta jatuh ke blog. Fitur yang sudah lama saya akrabi. Setidaknya saya tahu bahwa blog bisa dibuat dengan gratis. Ahay! 
 
Tentu saja, alasan gratis hanya salah satu alasan dari sekian banyak alasan saya memilih blog untuk toko online. Meskipun tidak terlalu hobi, utak-atik blog relatif lebih mudah daripada utak-atik website dari nol. Sekali lagi ilmu dari bloggers banyak menyumbang batu bata, semen, dan pasir untuk toko online saya. Dari blog ke blog, saya belajar banyak dalam waktu singkat tentang bagaimana memasang aksesori blog seperti shoutbox, slideshow, running text, icon logo bank, icon logo YM, sampai traffic report dan statistik pengunjung blog. Oiya, saya juga belajar mengatur ukuran blog agar lebih lebar meski akhirnya saya menyerah dengan bahasa pemrograman yang belum juga berhasil membuat blog toko online saya lebih lebar dari tampilannya sekarang 

Saat pertama kali diluncurkan secara resmi ke publik, saya sangat puas. Benar-benar blog hasil polesan sendiri. Benar-benar hasil memelototi bahasa-bahasa pemrograman yang saat saya dibayar sebagai pegawai kantoran pun saya ogah melakukannya.  Bloggers, mampir yuk ke toko online saya (klik di sini yaa..) dan dengan senang hati saya menerima masukan yang bersifat teknis maupun bisnis.

 
Sungguuuh saya merasa sangat bersyukur telah berteman baik dengan dunia blog. Terbukti blog telah memberi tambahan bekal ilmu untuk kehidupan saya. Siapa mengira? Subhanallah.. benar-benar Berkat NgeBlog! Selamat Hari Blogger Nasional 2011! 
OCT 26, ’11 3:21 PM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

