Juli

Sepotong lagi keping juli kenangan,
tersusun melengkapi mozaik perjalanan kita..
Dengan teriring do’a,
semoga kita diberi kekuatan
untuk selalu menepati sumpah,
dan diberi petunjuk pada jalan yang lurus,
jalan yang Dia ridhoi..
aamin.

***
2 Juli. Saya dilahirkan. Dengan perjuangan ibu yang tentu tidak mudah. Bayi sungsang yang ketika hamil tua ditinggal tugas oleh bapak ke luar negeri. Bayi yang dikandung dengan tekad kuat ibu untuk terus berpuasa Ramadhan tanpa membatalkan satu hari pun. Bayi yang lahir bersama kegembiraan hari raya Idul Fithri.

27 Juli. Suami saya dilahirkan. Dengan perjuangan ibu yang tentu tidak mudah. Bayi prematur yang baru 7 bulan dan hanya sebesar botol air mineral 600 ml. Bayi yang hari-hari pertamanya harus hidup dalam inkubator dan terus berjuang untuk hidup. Namun, kegembiraan dan rasa syukur atas kelahiran bayi ini, anak pertama bapak dan ibu, pun tetap membuncah.

Pertengahan Juli, sebelas tahun lalu. Saya bertemu pertama kali dengan suami ketika masuk SMU. Sama-sama murid baru yang culun dan bertempur dengan tugas-tugas masa orientasi sekolah. Beramai-ramai kami menjadi murid baru SMU dan berlomba menimba ilmu. Tanpa tahu rahasia kekuasaanNya di masa mendatang.

18 Juli. Kami menikah. Anugerah terbesar dalam hidup saya, diperkenankan melengkapi separuh jiwa bersamanya. Melanjutkan perjalanan dan meniti keridhaanNya.

12 Juli. Suami saya mengucapkan sumpah profesinya. Saya menghadirinya bersama si kecil 5 bulan dalam kandungan saya. Mencermati setiap patah sumpah yang ia ucapkan dengan nama Allah. Sebuah sumpah yang menuntut komitmen dan kelurusan hati untuk menepatinya. Sebuah sumpah yang tentu saja juga menuntut dukungan orang-orang terdekat, termasuk kami — istri dan anak-anaknya.

***
Ketika ucapan selamat bertaburan di dinding facebook suami saya, saya memilih diam. Ini bukanlah akhir perjuangan berat yang selama ini sungguh menguji kami semua, namun ini justru awal dari perjuangan panjang kami ke depan. Karenanya, untaian do’alah yang saya pilih untuk ditaburkan ke udara kebahagiaan yang menghias Juli kami.

Sungguh, tidak ada daya dan upaya selain daripada kehendak Allah.

JUL 14, ’10 12:44 AM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

