Motivasi Hari Ini: Kerja Keras adalah Energi Kita

Perjalanan naik kendaraan umum selalu menarik buat saya. Bukan hanya karena saya tidak harus kebingungan membedakan mana rem dan mana gas **, namun juga karena saya bebas mengedarkan pandangan saya ke setiap obyek yang saya lalui. Begitupun pagi tadi.

Salah satu hal  yang menarik perhatian saya adalah ketika sopir angkot 102 yang saya naiki membelokkan angkotnya ke pom bensin Pertamina di daerah Meruyung. Ada spanduk putih terbentang. Berisi ajakan untuk berpartisipasi dalam program membantu ibu membaca.

Pada perjalanan selanjutnya, beberapa pom bensin juga mengusung spanduk berisi program-program Pertamina. Bahkan masih ada pom bensin di Parung yang belum menurunkan spanduk program tebar hewan qurban hasil kerja sama Pertamina dengan beberapa instansi seperti TVone, ANtv, dan lain-lain. Belum di-updatemungkin yah..

Tapi, saya tidak ingin menulis tentang spanduk. Saya ingin menulis tentang program-program yang diusung Pertamina lewat spanduk-spanduk tersebut. Khususnya, program pengembangan masyarakat (community development), yang kebetulan saya pelajari selama bertahun-tahun di bangku kuliah. Ternyata, kangen juga dengan bangku kuliah

Pertamina beberapa tahun terakhir memang menunjukkan perubahan citra yang cukup signifikan. Dari pom bensin berdebu, sepi, dan seadanya berubah menjadi pom bensin yang bersih, berfasilitas lengkap, dan siap bersaing dengan pom bensin impor seperti Shell maupun Petronas. Dari pom bensin yang literannya jarang pas, perlahan berubah dengan semboyannya, “Pasti Pas!”. Dan tentu saja, dari badan usaha yang dingin tak terjangkau, berubah menjadi institusi yang memandang penting penguatan masyarakat dan komunitas. Nampaknya, dengan sosialiasasi program melalui spanduk-spanduk itu, Pertamina ingin membuktikan slogannya, Kerja Keras adalah Energi Kita.

Menilik website resmi Pertamina, program pengembangan masyarakat Pertamina dicakup dalam program-program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility — CSR). Lingkup CSR Pertamina meliputi bidang kesehatan, kemitraan, pendidikan, dan lingkungan. Yang paling baru adalah partisipasiPertamina dalam Green Festival 2009 pada 5 Desember 2009 lalu.

Upaya peningkatan sosialisasi program-program pengembangan masyarakat dalam rangka Pertamina CSR nampaknya baik untuk dilakukan. Strategi sosialisasi sebagai upaya meningkatkan partisipasi publik sejalan dengan karakteristik dasar kegiatan pengembangan masyarakat. Tentu saja, mempertahankan keberlajutan dan bahkan perluasan kegiatan memerlukan usaha yang tidak sedikit. Dan, mottoKerja Keras adalah Energi Kita nampaknya juga tepat benar diaplikasikan dalam program pengembangan masyarakat di Pertamina.

Salut untuk motto Kerja Keras adalah Energi Kita.Tak ada salahnya kita mengambil motto ini dalam keseharian kita, agar kita dapat turut memberikan prestasi terbaik dalam keseharian kita. Bila kita membangun kapasitas personal yang optimal, maka bukankah kita juga turut mengembangkan komunitas kita?

JAN 4, ’10 3:38 AM
UNTUK SEMUANYA

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s