Pojok Menulis

Tidak setiap saat saya bisa menuliskan ide-ide yang berkeliaran di benak saya. Tidak pula di setiap tempat saya merasa aman untuk menulis. Terus berusaha menyembuhkan luka lama. Untuk itulah, saya merasa perlu untuk memiliki pojok menulis, pojok pertapaan saya. 

Pojok menulis saya adalah di meja paling pojok yang dimiliki sebuah warnet pinggir jalan raya. Sungguh benar meja ini (sekarang saya sedang di warnet tersebut) memang ada di pojok. Tidak ada orang yang lalu lalang di depan, samping, maupun belakang saya. Pojok, jok, jok. Titik.

Pojok menulis saya yang lain adalah kamar, di keheningan malam. Agak sedikit kontras, memang. Warnet pinggir jalan raya dan keheningan malam. Namun, inilah pojok menulis saya. Tempat saya menemukan kenyamanan menulis dan terus menulis.

Pernah saya membaca salah satu tips sukses menulis, bahwa seorang penulis sebaiknya memiliki tempat favorit untuk menulis. Semacam gua pertapaan, seperti istilah saya di atas. Adanya tempat ternyaman untuk menulis tersebut akan membantu penulis lebih rileks dan mampu mengeluarkan ide-ide cemerlangnya.

Ada baiknya pula, penulis, kita, mencermati tempat-tempat di mana kita merasa tidak nyaman menulis. Kantor, misalnya. Pencermatan atas tempat-tempat yang dirasa kurang kondusif akan membantu kita memahami diri sendiri dan mencari alternatif solusi.

Tentu saja, nyaman atau tidak adalah sebuah subjektivitas yang berasal dari perasaan kita. Tidaklah baik terlalu menurutkan perasaan. Namun, tidaklah baik pula mengabaikan sama sekali perasaan yang kita miliki. Secukupnya sajalah. Agar kita lebih mengenal diri kita sendiri hingga akhirnya dapat mengenal orang lain. Termasuk dalam hal menulis 

JAN 28, ’10 6:55 AM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

