Sekilas Seminar Parenting: Sekali Lagi tentang Ilmu

***
Saat kita bersungguh-sungguh belajar sesuatu yang baik, 
insya allah ilmu tersebut akan memberi kita manfaat di saat yang tak terduga.
***
 
 
 
Itulah pesan mendalam yang saya dapatkan saat diminta Dek Zainab — adik kelas SMU saya — membantu mengorganisir seminar parenting yang ia cita-citakan. Saya sungguh bersyukur pernah menimba ilmu kepada para pimpinan dan rekan-rekan karyawan Sekolah Pascasarjana IPB, meskipun ketika itu saya menimba ilmu dengan benar-benar membanting tulang dan terkadang lupa kalau saya perempuan plus hamil besar .
 
Thats why, saat mempersiapkan pernak-pernik seminar, sungguh saya berterima kasih dan terbayang wajah para guru saya di Sekolah Pascasarjana itu. Meskipun… saya juga nyengir saat teringat betapa dulu saya terkadang menggerutu jika pekerjaan saya melebihi kapasitas namun tetap juga saya kerjakan karena idealisme saya untuk memberikan yang terbaik 
 
Jadi, ijinkanlah saya berterima kasih melalui tulisan ini kepada Prof. Khairil Anwar Notodiputro yang telah memberi contoh kongkrit tentang seni memimpin rapat dan mengambil keputusan, juga kepada Prof. Marimin yang telah memberi tempaan keras tentang bagaimana berpikir dan bekerja secara sistematis, efisien, dan produktif. Untuk Prof. Muladno, saya berterima kasih atas ide manual book teknis pelaksanaan wisuda yang dulu pernah terlontar karena manual book memang selalu bermanfaat untuk semua pengadaan even besar. 
 
Dr. Dedi Jusadi plus Dr. Naresworo Nugroho membuat saya belajar untuk stay cool saat ubun-ubun terasa mendidih dan Dr. Drajat Martianto membuat saya belajar lebih merendahkan sayap saat bersinggungan dengan berbagai kalangan yang heterogen latar belakangnya. Terima kasih banyak atas bimbingannya 

Saya juga merasa wajib berterima kasih kepada:

  1. Pak “Aman” Abdurrahman Saleh , Mas Pungki Prayughi, Mas Rudi Irawan, dan Pak Effi Hariyadi atas ilmu olah datanya.
  2. Mbak Lusy Mathilda, Ibu Uceu Nurmalia, dan Dedi Sumardi atas ilmu MC-nya. Saya akhirnya jadi MC juga di seminar kemarin 
  3. Odri Qodir, Pak Endang, Pak Sobari, dan Pak Iwan, Mas Tisna, Mas Aja atas ilmu teknisinya. Saya bersyukur pernah belajar menginstall infocus dan teman-temannya. 
  4. Dr. Indah Yuliasih, Mas Zukhri, Mb Dina, Mb Fielda, Mb Imas atas ilmu manajemen keuangan organisasi-nya, meskipun saya sudah berusaha sebisa mungkin menghindari urusan uang-meng-uang.
  5. Pak Bagus, Pak Soleh, Mas Supri, Mbak Nisa atas ilmu humas dan promosinya. Peserta seminar kami akhirnya diikuti oleh sekitar 400 orang, EMPAT kali lipat dari target awal panitia, alhamdulillah 
  6. Siapa lagi yah? Silakan absen bagi yang belum tersebut di atas yah.. 
 
Terima kasih banyak, jazakumullah khoir, semoga Allah melimpahi dengan kebaikan.

Anyway, sedikit bercerita tentang seminar yang kami adakan 15 April 2012, seminar parenting ini mengundang Ibu Septi Peni Wulandani. Beliau adalah penemu Jarimatika, sebuah metode balajar matematika yang asyik, dan juga Jariqur’an. Saat pertama kali saya mengetahuinya, sekitar dua tahun yang lalu, yang terpikir pertama kali adalah,”Pak Aman, ternyata penemu Jarimatika-nya Fia adalah orang Salatiga! Subhanallah, dunia sempit sekali yah? 

Ya, Ibu Septi Peni ternyata adalah kakak kelas saya di SLTP dan SLTA meskipun kami jauh beda angkatan. Setidaknya, kami mempunyai persamaan historis karena sama-sama dari Salatiga. Hehe.

Kembali ke seminar, dalam seminar ini beliau memaparkan 1001 Jurus Mendidik Anak di Rumah. Betapa rumah MEMANG seharusnya menjadi tempat belajar pertama dan utama bagi seorang anak dan juga orang tuanya. Dan betapa menjadi orang tua itu harus benar-benar mempunyai semangat belajar yang super tinggi karena ilmu mendidik anak yang menyeluruh nyaris tidak kita pelajari di bangku sekolah pada umumnya. 

 
Saat saya makin mendalami materi ini, saya makin bersyukur telah memutuskan resign dan menjadi ibu rumah tangga agar dapat berkonsentrasi penuh mendampingi Hanif dan melaporkan perkembangannya yang selalu menakjubkan kepada Bapaknya. Semoga kami dimudahkan untuk istiqomah di dalamnya.

Pembicara kedua kami adalah dr. Andina Widiastuti yang mengangkat tema “Ibu, Dokter Pertama di Rumah”. Beliau adalah senior saya di SLTP dan SLTA juga, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Solo, pendiri LSM BUnda dan Buah Hati Salatiga, dan ibu dari 3 anak. Salah satu senior yang saya segani karena luar biasa pintar (beliau adalah pelajar teladan Salatiga saat SLTP dan SLTA) dan enerjinya selalu menginspirasi saya untuk terus aktif dan bergerak 

 
Menyimak pemaparan dr. Andina, lagi-lagi saya merasa bekal saya sebagai ibu sungguh jauh dari cukup. Betapa banyak hal-hal  kecil namun penting yang saya belum tahu, meskipun suami saya sebagai dokter telah banyak membagi ilmunya dalam keseharian kami. Rupanya memang beda ya, berbincang dengan dokter perempuan dan khusus membahas tentang anak dibandingkan dengan berbincang dengan suami yang dokter dan membahas tentang anak. Saat sesama perempuan yang berdiskusi, rasanya lebih “klik” dan eksplorasi menjadi lebih dalam. 
 
Oiya, jika ada yang berminat dengan soft copy materi seminar parenting kami, jangan sungkan kirim PM yah. Insya allah dengan senang hati saya mengirimkannya via email agar ilmu yang saya peroleh juga bermanfaat buat teman-teman multipliers dan bloggers. 
 
Afterall, alhamdulillah sudah berkesempatan menjadi bagian dari  seminar yang luar biasa ini. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menularkan sedikit ilmu yang pernah saya dapat sekaligus menggali ilmu yang belum pernah saya dapat. Sekali lagi, semoga saat kita bersungguh-sungguh belajar sesuatu yang baik, insya allah ilmu tersebut akan memberi kita manfaat di saat yang tak terduga. Yakinlah! 
APR 25, ’12 3:23 PM
UNTUK SEMUANYA

13 thoughts on “Sekilas Seminar Parenting: Sekali Lagi tentang Ilmu

  1. Assalamualaikum..bu bsk kebetulan saya jadi mc pd acara seminar parenting dan disiplin waktu mhn izin softcopy materi seminar parentingnya ya bu..Email saya:Murni_tea@yahoo.com.maturnuwun

  2. Assalamualaikum wr wb, Mbak saya tertarik dg softcopy materi seminarnya. email saya: woshi_ari@yahoo.com. Terima kasih juga, tulisan2 di blognya sangat bermanfaat dan menarik. terutama yg weaning with love, anak saya masih 14 bulan, tapi alhamdulillah saya sudah dapat tips dan triknya dari njenengan sehingga bisa lebih prepare utk kedepannya. saya sempat khawatir ndak tega menyapihnya kalo sudah 2th an….

  3. assalamualaikum… saya sdg cari bahan utk menjadi mc pada acara talkshow ttg parenting hr minggu besok (dateline banget🙂 ), boleh kiranya membagi ilmu yg bisa dikirimkan ke email sy di tygusbud@gmail.com, syukron bunda🙂

Tinggalkan Balasan

