Teras Belakang Tersayang

Saya suka sekali duduk siang-siang di teras belakang rumah. Meskipun tidak luas, teras kecil itu menghadap ke sepetak lahan yang ditumbuhi beberapa pohon besar hasil kami melempar biji (dulu ). Ada mangga, sawo, alpukat, jambu air, sirsak, matoa, dan juga kelapa hibrida.

Cericit aneka burung datang bergiliran sesuai “jam kerja” tiap jenis burung. Subhanallah.. sungguh setiap jenis burung berkicau pada waktu tertentu saja. Terkadang kami menggunakan cericit burung sebagai patokan posisi matahari dan (terkadang) waktu pada jam. Damai sekali mendengarnya.

Omong-omong teras belakang rumah, saya suka bercita-cita memilikinya kelak di rumah kami sendiri. Sekarang kan rumah bapak ibu yang dipakai bersama di akhir pekan. Saya pun sekarang jarang mengunjunginya karena kami lebih banyak menghabiskan akhir pekan di Bogor. Jadi, karena saya mendapat tantangan untuk menulis tentang teras belakang (dan furniturnya), bolehlah bercita-cita..

***

Ya, teras belakang rumah memang bisa menjadi alternatif tempat rekreasi yang murah meriah di perkotaan. Namun, untuk itu perlu penataan yang tepat sehingga fungsi rekreasi dapat dioptimalkan. Salah satunya dengan pemilihan furnitur yang pas.

Halaman belakang yang cukup luas memungkinkan kita meletakkan beberapa furnitur yang cukup lengkap seperti meja, kursi, atau bahkan sofa. Pilihan bahan jati atau rotan untuk furnitur merupakan pilihan yang tepat karena sifatnya yang tahan terhadap cuaca panas ataupun dingin. Namun, jika Anda yakin cuaca cukup cerah, sesekali membawa sofa ke teras belakang juga tidak mengapa.

Suasana teras belakang yang informal dan membumi dapat membuat acara santai yang hangat dan kekeluargaan. Desain klasik atau natural pada furnitur teras belakang akan memperkuat kesan alami dari rekreasi di teras belakang. Sebutlah desain ukir-ukiran bermotif daun atau bunga, desain sulur-sulur daun, atau desain pedesaan yang tradisional.

***

Wew, tadinya saya tidak akan menyelesaikan tulisan ini karena ternyata sudah ada orang lain yang mendahului saya memenuhi tantangan kawan saya. Namun karena reaksi komentar cepat teman2 MP sungguh mengagumkan, saja tak sampai hati menghapus tulisan ini begitu saja. Hiks.. terima kasih, teman-teman.. 

MAR 24, ’10 2:55 AM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s