Tipikal Orang Salah

Pekerjaan saya memberikan kesempatan untuk mengamati berbagai karakter orang, dalam hal ini mahasiswa. Bukan mahasiswa biasa, namun maha-mahasiswa karena mereka mengambil program magister dan doktor. Tidak semua orang berkesempatan menjadi mahasiswa, terlebih maha-mahasiswa.

Meskipun demikian, ada kalanya maha-mahasiswa tidak selalu lebih baik daripada mahasiswa atau bahkan siswa sekalipun. Kedisiplinan, semangat juang, dan penghargaan atas hal-hal remeh adalah beberapa aspek yang seringkali membuat saya prihatin dengan kualitas maha-mahasiswa di tempat saya bekerja.

Satu hal menarik yang dapat saya simpulkan dari pengamatan sehari-hari adalah sikap dan perilaku maha-mahasiswa yang masuk kategori “bermasalah”. Meskipun memiliki latar belakang usia, jenis kelamin, asal daerah, jenjang pendidikan, suku, maupun agama yang beragam, secara kualitiatif memiliki sikap dan perilaku yang cenderung mirip. Saya menyebutnya sebagai “Tipikal Orang Salah”

Nah, apa saja “Tipikal Orang Salah” itu? Tidak banyak yang saya catat. Itupun sudah sering membuat kami jengkel menghadapinya. Bagaimana jika banyak dan berderet-deret? 
1. Memaksakan kehendak
2. Banyak bicara, sedikit mendengar
3. Terburu-buru
4. Obral gertak sambal
5. Hobi menghadap pimpinan institusi

Butuh kesabaran tersendiri menghadapi “Tipikal Orang Salah”. Kuncinya adalah mengembalikan argumentasinya dengan aturan sah yang kita pegang. Jika perlu, kita tunjukkan aturan tertulisnya. Biasanya mereka langsung bungkam.

Prinsipnya adalah, jangan sampai kita terjebak dalam debat kusir yang menguras energi dan emosi. Rugi… 

FEB 16, ’10 11:24 PM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s