Utak-Atik Mainan Bayi

Saat itu, Hanif berusia 1 bulan. Waktunya mengenalkan bentuk-bentuk geometris dengan warna yang kontras, selain bentuk garis dengan warna hitam putih. Tentu saja, semua itu dalam rangka melatih matanya – mata bayi – yang memang masih terus berkembang kemampuan melihatnya agar seperti mata orang dewasa. Berdasar petunjuk buku pintar berjudul Eyang Google, salah satu caranya adalah dengan meletakkan sebanyak mungkin benda geometris – lingkaran, segitiga, persegi, garis-garis – dengan warna kontras di sekitar bayi.
 
Di sisi lain, mungkin hampir semua orang tua sepakat bahwa perlengkapan mainan bayi tak sedikit yang bersifat temporer. Artinya, mainan tersebut hanya cocok untuk periode tertentu dan tidak bisa digunakan lagi setelah periode itu lewat. Salah satunya ya permainan geometris kontras untuk melatih mata bayi itu. Konsekuensinya, ada kalanya membeli mainan bayi bukanlah pilihan bijak dan menguntungkan. Padahal kebutuhan bayi akan stimulus tidak boleh dibendung. Tambahan lagi, mainan bayi harganya juga lumayan kalau dituruti semua. Setelah periodenya lewat, biasanya akan menumpuk dan akhirnya tidak termanfaatkan dengan baik. Sayang sekali… 
 
Apa akal?
 
Masih tetap dengan semangat memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah. Dan juga terinspirasi dari buku pintar Eyang Google (dan lagi-lagi saya lupa menyimpan halaman tersebut! Duh.. maaf ya, blog inspirasiku yang terlupakan namanya…) di sela-sela jam tidur Hanif, saya mencoba membuat mainan sendiri. Prinsipnya adalah mainan yang edukatif, aman, dan murah. Gampang sekali lho!
 
Bahan:
  • Busa styrofoam bekas berukuran 20 x 20 cm
  • Kertas lipat asturo warna-warni
  • Selotip bening yang lebar (lakban bening)
  • Benang wol warna putih
 
Alat:
  • Pisau cutter
  • Penggaris
  • Pulpen
  • Selotip bolak-balik
  • Jarum besar
 
Cara membuat:
  1. Buat pola geometris pada styrofoam dengan pulpen dan penggaris.
  2. Buat pola yang serupa pada kertas lipat asturo.
  3. Potong styrofoam dan kertas lipat dengan pisau cutter sesuai pola.
  4. Tutup sisi-sisi styrofoam dengan selotip bening.
  5. Tempelkan kertas lipat yang sudah dipotong ke styrofoam dengan selotip bolak-balik.
  6. Sisipkan benang wol di bagian atas mainan dengan menggunakan jarum dan potong sesuai panjang yang diinginkan.
  7. Tra la laa.. mainan gantung pun jadi!
 
Latar belakang pemilihan bahan:
  • Styrofoam adalah salah satu sampah yang tidak dapat didaur ulang. Meski jumlahnya tidak sebanyak plastik, namun ketika kita mempunyai styrofoam, alangkah baiknya jika kita manfaatkan semaksimal mungkin agar tidak melulu menjadi sampah dengan seketika.
  • Kertas lipat asturo memiliki warna-warna yang cerah dan tajam. Berbeda dengan kertas lipat biasa yang cenderung berwarna kusam. Oiya, silakan saja jika hendak menggunakan kertas asturo yang tebal. Namun, dibanding dengan kertas asturo, memilih kertas lipat asturo menjadi lebih murah karena dengan Rp. 3000,- saja kita sudah mendapat satu set kertas lipat asturo dengan berbagai pilihan warna. Sementara, berapa harga selembar kertas asturo?
  • Selotip bening lebar lebih menutup permukaan dengan sempurna, sehingga dapat meminimalkan kemungkinan serpihan styrofoam terjatuh dan membahayakan bayi.
  • Benang wol dipilih karena tebal dan relatif lembut jika melilit bayi. Beda dengan benang biasa atau senar yang bisa melukai kulit bayi yang lembut jika membelit dengan kencang. Kemudian, mengapa warna putih? Tak lain karena warna putih cenderung menyatu dengan warna lingkungan, tidak mengalihkan konsentrasi bayi dari bentuk geometris yang diikat oleh benang tersebut.
Foto menyusul, insya allah. hehe..(kamera lagi error )
MAR 26, ’11 7:30 AM
UNTUK SEMUANYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s