Pager: Sang Gadget Jadul

Pager Pager bagi-bagi-info.co.cc

Tidiit.. Tidiit.. pagerku berbunyi! Tidiit.. Tidiit.. Begitu bunyinya!

 

Generasi ABG tahun 90-an tentu tidak asing dengan lagu rap Sweet Martabak itu. Begitu menterengnya sebuah pager, sampai-sampai duo rapper asal Pekanbaru itu jadi kondang karenanya. Memang kala itu pager merupakan gadget paling keren. Handphone masih merupakan teknologi yang sangat mahal, itu pun dengan ukuran handphone yang “segede gaban.” Jadilah pager sebagai alat telekomunikasi praktis yang paling realistis.

 

Pager yang dimaksud adalah alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Pager merupakan radio panggil numerik satu arah dan hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja. Terbatas, memang. Tapi tetap paling keren di zamannya.

 

Radio panggil ini pertama kali diciptakan oleh Multitone Electronic pada tahun 1956 di Rumah Sakit St.Thomas, London, oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu, pager berkembang pesat. Jutaan pesan dikirimkan kepada orang-orang yang membutuhkan informasi yang cepat.

 

Bagaimana dengan sekarang? Kalau ada di antara anda yang masih menyimpan pager dan bisa digunakan, maka: ”Selamat! Sebuah benda purbakala bersejarah ada di tangan anda!”

Dimuat di glowupmagazine.com Thursday, 24 February 2011 14:17

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s