Welcome 2011, Welcome Green Minimalist!

Green Minimalist Green Minimalist homeshady.com

Anda pernah dengar kalimat ”Rumah selalu mencirikan karakter penghuninya”? Yups, kalimat iklan acara tentang hunian di salah satu televisi swasta itu langsung mengingatkan Glow Up pada anda. Karakter kuat anda untuk selalu mengikuti tren membuat Glow Up ingin mencari tahu tentang tren hunian 2011 dan menuliskannya. Seperti apakah hasilnya?

 

Telisik punya telisik, rupanya tren hunian 2011 masih mengacu pada tren tahun 2010. Mainstream pasar masih meminati hunian gaya minimalis. Jadi nggak ada tren baru dong? Jangan berkecil hati, Glowers. Tentu saja tidak. Gaya minimalis 2011 ternyata mengusung konsep ramah lingkungan hingga membuatnya beda dan siap menjadi tren tersendiri bernama Green Minimalist.

 

Kesadaran masyarakat suburban tentang kelestarian lingkungan turut menjadikan isu pemanasan global sebagai isu penting dalam dunia properti daerah Jabodetabek dan Indonesia pada umumnya. Disadari atau tidak, permintaan untuk rumah tapak, perkantoran, hunian, dan apartemen mulai mengarah pada gaya arsitektur yang mengandung unsur ramah lingkungan.

 

Konsep Green Minimalist tidak hanya berfokus pada pemaksimalan tanaman dalam hunian semata, namun konsep ini memiliki esensi yang lebih dalam. Green Minimalist juga berfokus pada upaya menghadirkan hunian dengan penggunaan material-material ramah lingkungan dan sumberdaya alam yang dapat diperbarui. Bahkan jika memungkinkan Green Minimalist mencoba hadir dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada sebelumnya, tentu dengan modifikasi melalui sentuhan yang artistik.

 

Tren interior hunian 2011 banyak menggunakan warna-warna teduh yang alami seperti merah muda, hijau, atau ocean blue. Tren warna ini berbeda dari tren 2010 yang menggunakan warna tajam yang kuat. Karakter warna tersebut diharapkan akan sangat mendukung keseluruhan karakter interior Green Minimalist.

 

Seperti apa sih karakter interior Green Minimalist? Setidaknya ada lima karakter pada interior  Green Minimalist yang disingkat dalam 5H Green Minimalist Characters.

 

Human 

Semua desain interior Green Minimalist mengacu pada kebutuhan manusia yang lebih bernilai kemanusiaan. Tidak ada lagi nilai-nilai yang mengesankan keangkuhan seperti kotak-kotak besar yang kaku dan berwarna gelap.

 

Honest

Bahan-bahan yang digunakan memiliki nilai-nilai kejujuran sehingga penggunaan bahan-bahan alami menjadi prioritas. Bambu terekspos seperti aslinya dan kayu di-finishing secara alami. Beruntunglah bahwa Glowers hidup di Indonesia dimana bahan kayu sangat berlimpah. Artinya, penggunaan finishing natural pun sudah dapat memperindah rumah Glowers. Namun tentu saja jenis kayu yang digunakan dalam Green Minimalist tetaplah mengacu pada kelestarian lingkungan dan tidak menghalalkan segala jenis kayu tanpa kecuali.

 

Humble

Kesederhanaan interior menjadi poin utama dari desain interior tahun 2011 sehingga desain tersebut akan terkesan membumi dan rendah hati.

 

Homey

Kenyamanan dalam rumah juga menjadi hal yang utama pada interior tahun 2011 karena lebih banyak orang yang memilih untuk tinggal ataupun bekerja di rumah saat ini dan mungkin Glowers termasuk di dalamnya. Suasana rumah yang nyaman akan sangat mempengaruhi mood dari orang-orang yang tinggal di dalamnya.

 

Handmade

Barang-barang interior buatan tangan seperti rajutan, ukiran kayu, serta barang-barang kerajinan tangan lainnya, dapat menjadi pilihan asesoris rumah yang cantik. Tentu saja, dari segi harga, pilihan perabot dan interior tersebut relatif lebih terjangkau dan mudah didapat.

 

Upaya meminimalisasi efek rumah kaca (Green House Effect) mau tak mau memang harus menjadi perhatian para arsitek dan developer hunian untuk memenuhi tren konsumen hunian tahun 2011. Dan voilaaa.. Green Minimalist siap menjadi tren di 2011!

Ide:

(irdazone.wordpress.com)

Dimuat di glowupmagazine.com pada     Sunday, 20 February 2011 19:30

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s