Eden in the East

Eden in the East Eden in the East kafebuku.com

Bayangkanlah wilayah ASEAN hari ini. Ada Indonesia, semenanjung Malaysia, dan Laut China Selatan. Bagaimana jika Laut China Selatan kering tanpa air? Itulah Benua Sundaland.

 

Eden In The East adalah sebuah buku yang ditulis Stephen Oppenheimer, seorang peneliti dari Oxford, Inggris. Eden In The East sendiri berisi tentang keyakinan Oppenheimer bahwa di Indonesia dan sekitarnya pernah menjadi sebuah benua sebagai tempat peradabaan manusia di penghujung Zaman Es. Dalam bukunya Stephen menyebutnya sebagai Sundaland.

 

Eden In The East mendasarkan kesimpulannya kepada penelitian yang dilakukan selama puluhan tahun. Doktor ahli genetik dengan struktur DNA manusia tersebut melakukan riset struktur DNA manusia sejak manusia modern ada selama ribuan tahun yang lalu hingga saat ini. Guru Besar dari Oxford University ini menguasai filosofi pendekatan dasar yang digunakan disiplin keilmuan kedokteran, geologi, linguistik, antropologi, arkeologi, linguistik, dan folklore.

 

Temuan tersebut memperkuat buku lain yang telah muncul sebelumnya Atlantis, The Lost Contiennt Finally Found karya Profesor Arysio Santos dengan sejumlah argumentasi ilmiah yang juga melakukan pendekatan dari berbagai disiplin ilmu. Baik Arysio Santos maupun Stephen Oppenheimer, memperlihatkan dengan jelas bagaimana sebuah pendekatan multidisiplin sangat penting digunakan untuk merekontruksi sebuah missing link yang hilang dalam sejarah peradaban manusia modern.

 

Buku menakjubkan ini secara radikal mengubah pandangan kita sebelumnya tentang prasejarah. Tahukah anda bahwa orang-orang Polinesia tidak datang dari Cina, akan tetapi dari pulau-pulau Asia Tenggara? Tahukah anda, mula-mula penanaman beras yang sangat pokok bagi masyarakat tidak berada di Cina atau India, tapi di Semenanjung Malaya pada 9.000 tahun lalu? Dan, Anda pasti akan tercengang setelah mengetahui bahwa berbagai suku di Indonesia Timur adalah pemegang kunci siklus-siklus bagi agama-agama Barat yang tertua.

 

Judul Eden In The East , Benua yang Tenggelam di Asia Tenggara

Penulis Stephen Oppenheimer

Penerbit PT.UFUK PUBLISHING HOUSE

Bulan Terbit Oktober 2010

Kategori Sejarah Indonesia

Tebal 860 halaman

Harga Rp 224.900 (toko), Rp 179.920 (bukukita.com)

(palasarionline/warungbebas)

Dimuat di glowupmagazine.com     Friday, 18 February 2011 18:54

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s