Multiply Makin Membuai

Saya sedang jatuh cinta dengan fasilitas e-commerce dari Multiply. Salah satu supplier saya meminta saya melakukan pembayaran barang dengan fasilitas ini untuk setiap transaksi di atas 100 ribu rupiah. Konsep dasarnya adalah penggunaan rekening bersama.

Mungkin ada yang belum paham apa itu rekening bersama. Secara sederhana, rekening bersama adalah rekening pihak ketiga (di luar penjual dan pembeli) yang disepakati sebagai tujuan pembayaran. Jadi saya sebagai pembeli tidak membayar barang yang saya beli langsung ke penjual, namun membayar ke rekening bersama.

Memilih rekening bersama yang terpercaya merupakan tugas pertama yang harus dilakukan oleh pembeli karena jika salah memilih, salah-salah uang yang kita bayarkan tidak pernah sampai ke penjual barang dan pembeli pun tidak pernah menerima barang yang dibeli. Tak cuma rugi dua kali, tapi berkali-kali lipat karena harus mengklarifikasi ke penjual maupun pihak pemilik rekening bersama. Capeee…

Multiply saya rasakan mampu menjadi penyedia rekening bersama  yang terpercaya. Hasil kerja samanya dengan ekspedisi JNE juga menambah rasa manis e-commerce di Multiply. Bukan apa-apa, JNE memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir) via JNE Regular sampai 25ribu per alamat jika transaksi dilakukan via e-commerce multiply.

Mantaaaap.. !!! Saya jadi bisa promosi FREE ongkir ke pelanggan dan calon pelanggan Toko Salatiga yang berdomisili di Pulau Jawa dan beberapa kota di luar Jawa. Subsidi tersebut juga berlaku untuk tujuan luar Jawa, sehingga ongkir yang ditanggung pembeli sangat jauh lebih murah dan kecepatan sampai standart JNE. Bayangkan saja, ke Sulawesi ongkirnya cuma 10ribu-an. Manis banget kan?

Eh, kok saya jadi promosi ya? Ah, biar sajalah, toh kami puas dengan pelayanan yang diberikan. Saya, supplier, dan tentu saja customer. Oiya, omong-omong soal kepuasan ini, Multiply juga memberikan angket yang bisa kita isi setelah transaksi selesai diproses. Isinya tentang skala kepuasan kita dan sejauh mana kita akan mempromosikan Multiply sebagai salah satu e-commerce. Tentu selalu saya isi dengan nilai mendekati sempurna. Hehehehe

Melalui e-commerce Multiply ini saya juga belajar tentang transaksi e-commerce via internet banking. Mau tak mau harus belajar, sebenarnya. Itu yang dikatakan supplier saya yang langsung masuk daftar guru saya yang ke-sekian.

Saya menggunakan dua internet banking untuk toko online, Mandiri dan BCA. Ternyata, kedua bank tersebut menggunakan metode yang berbeda untuk transaksi e-commerce. Untuk Mandiri, saya harus standby token dan kartu debit, sedangkan untuk BCA saya hanya perlu menyediakan token. Prosedur yang harus saya lakukan pun sederhana, sehingga transaksi bisa selesai kurang dari 5 menit, asal koneksi internet lancar jaya.

Awalnya, tentu saja saya berguru dulu ke Eyang Gugel. Mempraktekkannya langsung membuat semua petunjuk teknis tersebut jauh lebih mudah. Learning by doing make something new getting easier, but we have to learning first. Saya selalu menekankan prinsip tersebut dalam diri saya. Betapa saya harus memahami ilmunya dulu baru saya bergerak ^_^

Jadi, selamat datang di era Multiply! ^_^

2 thoughts on “Multiply Makin Membuai

Tinggalkan Balasan

