Kereta Api dan Bank Mandiri

Kali ini, tiket datang secepat tiket pesawat alhamdulillah. Rupanya memang layak jika predikat BUMN dengan Inovasi Manajeman terbaik tahun 2012 disandangnya (ini beritanya). Dan sejauh ini, kami puas dengan perombakan yang dilakukannya.

Ya, saya bertutur tentang PT. KAI alias Kereta Api Indonesia yang sudah jauh bertransformasi dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publiknya. Sudah lama saya tidak menjadi pengguna kereta komuter, sehingga mungkin tulisan ini agak subjektif hanya PT KAI dalam hal pelayanan perjalanan jarak jauh. Pilihan jasa yang tetap menjadi alternatif saat tiket pesawat terasa begitu mahal dan tiket bis terasa begitu lama di perjalanan.

Meski agak terlambat menuliskannya (baca: terlambat menggunakan fasilitasnya), pembelian tiket kereta api via internet banking terasa sangat bermanfaat, terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin praktis, dinamis, dan ekonomis seperti saya. Haha. Saya tinggal akses website KAI, pilih jadwal, isi form booking tiket, transfer melalui internet banking, dan mencetak bukti pembelian tiket. Selesai. Print out tersebut tinggal saya tukarkan dengan tiket di stasiun saat check in di tanggal keberangkatan.

Sederhana sekali. Saya tidak perlu berlari-lari ke ATM berlomba dengan batas waktu booking tiket yang cuma 3 jam atau pergi jauh ke stasiun untuk membeli tiket. Fyi, 3 jam bagi saya sangat sempit karena agenda keluar rumah harus disesuaikan dengan jadwal harian kegiatan rumah yang padat. Pergi jauh ke stasiun terdekat lebih sulit lagi karena yang terdekat adalah di Semarang yang jaraknya 3 jam perjalanan pulang pergi.

Kendala yang saya hadapi adalah belum semua bank menyediakan fitur pembayaran tiket kereta api via internet banking. Setahu saya, bank MAndiri adalah salah satu bank yang sudah menyediakan fitur tersebut. Bank BNI dan BCA belum ada, sehingga saya harus transfer ke Bank Mandiri dulu untuk dapat membayar tiket yang telah saya book. Syukurlah, transfer dari BNI ke Mandiri bisa real time via internet banking. Untuk transfer dari BCA ke MAndiri sendiri rupanya masih dikenakan waktu proses sehingga tidak bisa diterima saat itu juga. Padahal tidak berlaku sebaliknya lho.

JAdi, ika ingin membeli tiket kereta api melalui website PT. KAI, ada beberapa hal yang dapat saya sarankan:

1. PAstikan Anda memilki rekening Bank Mandiri

2. Pastikan Anda mengaktifkan internet banking Bank Mandiri

3. PAstikan saldo Anda cukup untuk membayar harga tiket. Oiya, ada biaya administrasi pembelian tiket online sebesar Rp. 7.500,-

4. Pastikan koneksi internet Anda lancar jaya karena time limit yang diberikan hanya 3 jam sejak pem-booking-an tiket.

Apakah saya terkesan mempromosikan Bank Mandiri? Semoga saja tidak. Bukan apa-apa, rekening yang saya punya hanya Bank tersebut. Jika teman-teman ada yang berhasil melakukan pembelian tiket kereta api melalui internet banking bank lain, silakan berbagi pengalaman di sini. PAsti sangat bermanfaat ^_^

Tinggalkan Balasan

