a Chapter of Kindness

Sekuel kedua dari kisah-kisah penuh hikmat yang digarap oleh Transformer Community ini berkisah tentang kindness: sebuah hadiah yang selalu bisa diteruskan ke setiap orang dan pasti kembali. Begitu kata cover depan buku ini dan saya rasa itu sangat benar. Kebaikan hati yang tulus ibarat sebuah boomerang – selalu kembali pada orang yang mengamalkannya (hal. v)

kind

Tetap mempertahankan tampilan ilustrasi detail anggun khas MIC – yang saya suka, menjadikan 15 kisah terpilih di dalamnya terasa membelai ringan kesadaran dan pemaknaan pembaca.

“Yang terhormat, Mr. Leroy, terima kasih karena Anda telah mengucapkan “tolong” setiapkali Anda meminta saya mengerjakan sesuatu yang sesungguhnya adalah tanggung jawab saya. Terima kasih karena Anda telah mengucapkan “maaf” ketika menegur saya, untuk mengingatkan dan berusaha memberi tahu kesalahan yang telah saya lakukan, semata-mata karena ingin saya mengubah kesalahan itu menjadi kebaikan. Terima kasih karena Anda selalu mengucapkan terima kasih atas setiap hal kecil yang saya kerjakan untuk Anda.

Terima kasih atas semua penghargaan yang Anda berikan pada orang kecil seperti saya, sehingga saya bisa menjalankan tugas dengan percaya diri, tanpa merasa rendah maupun kecil. “ (hal. 106)

Kutipan kalimat motivasi para tokoh terkenal dunia yang menjadi benang merah cerita menjadikan setiap kisah lebih berbobot untuk dibaca. Footnote langsung di halaman yang bersangkutan juga merupakan loncatan yang membuat buku ini lebih ergonomis untuk dibaca.

Serba-serbi kisah baik berupa biografi singkat tokoh utama cerita, atau sumber kisah tersebut belum tertuang dalam buku ini. Kesan akan kisah yang disajikan akan lebih kuat karena pembaca diajak untuk menyadari bahwa kisah tersebut benar-benar terjadi. Pada buku ini, saya masih harus menyimpan rasa penasaran terhadap Transformer Community yang sekali lagi belum dijelaskan profilnya. Mungkin di sekuel ketiga nanti, rasa penasaran saya bakal terjawab. Semoga.

Judul buku          : a Chapter of Kindness

Penulis                 : Transformer Community

Penerbit              : MIC Publishing

Tebal buku         : x + 182 hal

Ukuran buku      : 11 x 16 cm

Harga                    : Rp. 40.000,-

Tinggalkan Balasan

