Bertemu dan praktek langsung dengan pakar di sebuah bidang memang sebuah keberuntungan tersendiri. Meskipun si pakar geleng-geleng kepala saat disebut pakar, setidaknya beliau jauh lebih berpengalaman dalam hal tersebut dibanding saya. Buat saya, itu sudah cukup untuk menyebutnya pakar.

Itulah yang saya dapati akhir pekan kemarin di Kuliah Umum Institut Ibu Profesional Kota Salatiga.  Ya, kami memang rutin mengadakan kuliah umum yang bertempat di School of Life Lebah Putih sebagai upaya mengakomodir semangat belajar para ibu dan (akhirnya merembet ke) para ayah yang luar biasa. Kali ini, saya belajar langsung dari Mas Hafez Achda, praktisi Paper Toys dari Jogja.

mas hafez

Hafez Acha, lahir di Temanggung tahun 1985.  Dari kecil menyukai permainan yang prosesnya dengan merakit dan sudah gemar berkreasi dengan kertas. Dengan latar belakang belajar seni rupa di Jogjakarta membuatnya semakin mencintai kertas sebagai bahan dasar karyanya, mulai dari melukis dengan media kertas, desainer pop up dan juga menjadi desainer paper craft.

Masih mempercayai bahwa kertas adalah media yang paling fleksibel karena kertas bisa menjadi apa saja, bisa dilipat, digunting, digambar, dibuat padat dan berbagai bentuk lain.  Rumusnya adalah 3M : Murah, Mudah (dibentuk), dan Mengasyikkan.

pop upBersama beberapa temannya mendirikan impian studio di jogja, sebuah studio kreatif yang bergerak mendayagunakan kertas sebagi media ekspresinya. buku yang sudah diterbitkannya adalah paper toys jilid 1-3. untuk berkomunikasi dengannya silakan kirim email ke impianstudio@gmail.com

kompak

Kami memang benar-benar diberi kesempatan membuat paper toys sendiri! Bahkan.. di akhir acara, kami diberi kesempatan membuat buku pop-up sederhana untuk menjawab rasa ingin tahu kami. Jurus itu benar-benar membuat seluruh peserta — para ibu, para ayah, para remaja, dan tentunya anak-anak — serius menekuri proyek masing-masing sampai tanpa terasa mendekati pukul 12. Terbukti benar, bahwa paper toys ini merupakan pilihan ativitas keluarga yang murah, mudah, dan mengasyikkan.

potluck

mejengMeskipun utak-atik paper toys terlihat penuh ketenangan, ternyata energi benar-benar terkuras untuk konsentrasi lho. Jamuan potluck yang disediakan panitia pun  dengan gembira diserbu peserta. Terima kasih banyak untuk seluruh peserta yang telah berbagi potluck pada Kuliah Umum kali ini. Tak hanya makanan kecil, buah hasil kebun senidri seperti rambutan dan kelengkengpun melengkapi hidangan potluck yang berderet-deret. Hidangan yang disajikan dengan apik dalam piring-piring bambu beralaskan daun pisang menambah segar meja potluck dan menyatu dengan suasana asri Lebah Putih.

mas tepeinteraktifAfterall, pagi yang diramalkan banyak orang akan diguyur hujan itu berakhir cerah, alhamdulillah. Setiap peserta membawa oleh-oleh paper toys hasil karyanya sendiri plus ada juga yang penasaran dengan pola-pola lain di buku Mas Hafez. Menjaga stand dadakan a la Mas Tepe, Sang Pimpinan Redaksi Indonesia Tera, pun mau tak mau dilakoni setelah di dalam aula Mas Tepe juga ikut maju ke depan. Seruuuu!

oleh-olehKuliah Umum Februari 2013 “Menjalin Ikatan Keluarga dengan Paper Toys” ini didukung oleh Mbak Imah dari Habib Collection dan Mbak Dwi Yunia Arti dari Marketing McDonald Jawa Tengah sebagai sponsor bingkisan untuk Mas Hafez, para peserta yang antusias dari awal hingga akhir plus membawa hidangan potluck yang melimpah, maupun Mr. Ow dan Kak Rini sebagai peserta bazaar. Special thanks to Mas Tepe dengan buku-buku kejutan doorprize-nya, semoga Penerbit Indonesia Tera makin jaya!😀

Dukungan para donatur inventaris IIP Kota Salatiga (Bu Amin, Mbak Dian, Mbak Dewi, Mbak Neneng, Mbak Imah, dan Mbak Titin) benar-benar sangat membantu kelancaran peralatan kuliah umum kali ini. Terima kasih banyak juga untuk teman-teman di School of Life Lebah Putih yang luar biasa (Thanks Kak Rini, Kak Jo, Kak Titi, Kak Tyas, Pak Hadi, dan Pak Gi).

Apresiasi yang paling dahsyat tentu saya haturkan kepada tim panitia: Bu Ais (Penerima Tamu), Mbak Ula (Chief Bazaar), Mbak Umi (MC), Mbak Aini (Chief Potluck), dan Mbak Ria (Chief Clean Up). Semoga semangat teman-teman dalam belajar banyak hal baru dalam kepanitiaan dapat menjadi penambah semangat untuk terus belajar dan berani  menaklukkan tantangan apapun. Never ending learning!

doorprizetingkah bocahtanya jawabrame

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s