April Festival Part 1: Berkreasi dengan Yoghurt

Yoghurt? Apa itu?

Beberapa dari kita mungkin melontarkan pertanyaan tersebut karena balum akrabnya kita dengan minuman unik yang satu ini. Bahkan, yang pernah mengicipnya pun tak jarang masih mengerenyitkan kening saat yoghurt disebut. Yang terbayang adalah minuman berasa asam dan aneh di lidah.

Eits, tunggu dulu! Yoghurt sebagai salah satu olahan susu tidak melulu asam kok. Mau tahu?

Institut Ibu Profesional Salatiga pada 9 April 2013 lalu mengadakan Field Trip ke home industry yoghurt yang ada di Pulutan – Salatiga. Ibu Rini selaku owner Yoghurt Memory 84 ini dengan ramah membagikan ilmunya tentang aneka kreasi yoghurt yang menepis citra asam dari yoghurt. Bahkan tak tanggung-tanggung, kami disuguh langsung berbagai hidangan berbahan yoghurt seperti risoles rogout saus yoghurt, mendoan yoghurt, tahu petis yoghurt, puding yoghurt, es krim yoghurt, dan yoghurt drink. Wowww, kami serasa berpestaaa!

Gambarl

Ternyata yoghurt itu sendiri menyimpan banyak manfaat lho. Sedikitnya ada sepuluh manfaat yoghurt yang disebutkan Ibu Rini. Fakta menariknya, yoghurt ini aman untuk penderita maag karena asam yang terbentuk pada yoghurt adalah asam laktat yang justru menyembuhkan luka pada dinding lambung penderita maag. Mbak Nikmah yang sedang sakit maag langsung “Cling!” (baca: bersiap memborong yoghurt di sesi belanja. Hihihihi)

Proses pembuatan yoghurt yang dilakukan Ibu Rini awalnya benar-benar berbasis peralatan rumah tangga. Artinya, pembuatan yoghurt bisa dilakukan oleh siapa saja di rumah. Beliau menjelaskan langkah-langkah pembuatan yoghurt dari susu murni sampai menjadi yoghurt siap saji. Tentu saja, untuk mencapai kualitas yoghurt seperti yang Ibu Rini hasilkan saat ini, percobaan demi percobaan tidak lelah dilakukan. Namun, jangan khawatir, usaha Ibu Rini saat ini sudah sanggup menyediakan bibit bakteri Lactobacillus bulgaricus untuk menjadi starter pembuatan yoghurt dari rumah.

Gambar

Fakta menarik dari yoghurt ini adalah tidak adanya hasil sampingan yang terbuang. Meskipun saat finishing yoghurt dilakukan penyaringan dari ampas susu dan kotoran-kotoran yang mungkin masuk selama pembuatan, hasil saringan tersebut masih dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat melembutkan dan melembabkan wajah lho. Siapa mauuu?

Selepas dari ruang tamu untuk menerima penjelasan seputar yoghurt, kami beranjak ke dapur untuk mulai praktek membuat hidangan dari yoghurt. Hidangan yang kami buat adalah puding yoghurt toping whipped cream and chocolate serta es krim yoghurt. Sederhana sekali, namun kesan yang ditampilkan adalah beda. Prinsip dasarnya sama dengan pembuatan puding dan es kripm biasa. Namun jika biasanya yang digunakan adalah susu, maka takaran susu kali ini hanya setengahnya dan digantikan dengan yoghurt plain. Jadi, separuh susu dan separuh yoghurt.

Gambar

Sambil  menunggu puding siap hidang, kami tidak melewatkan menjelajah etalase toko Yoghurt Memory 84 yang penuh dengan yoghurt aneka rasa, es krim aneka rasa, dan risoles. Untung saja stok yang disediakan lebih dari cukup, rupanya tak sedikit dari kami yang langsung muncul insting wirausahanya dan langsung mengambil banyak untuk dijual kembali. Hihihihi.

Field Trip ke home industry yoghurt kali ini diselenggarakan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Alhamdulillah, peserta kuliah Institut Ibu Profesional Salatiga kelas sore sangat bersemangat menyambut kesempatan belajar ini karena ada alternatif penyelenggaraan selepas jam kerja. Meskipun sesi siang diguyur hujan lebat, semangat ibu-ibu kelas sore sungguh luar biasa. Mereka tetap berangkat dan semangat! Saluuut!

Gambar

Terima kasih banyak kepada Ibu Rini dari Yoghurt Memory 84 atas sharing ilmunya, mbak Nunuk yang mengawal sesi pagi dan siang, dan seluruh peserta Field Trip Institut Ibu Profesional Salatiga. Sampai jumpa di Filed Trip berikutnya yaaa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s