Setahun Lewat

Wew, ternyata saya hampir setahun tidak memperbarui isi blog ini. Ke mana aja, buuu? T.T
***

Oktober – November 2013 lalu ternyata saya kembali diberi amanah untuk  membidani buku. Masih dari komunitas Institut Ibu Profesional, kali ini saya membantu teman-teman mewujudkan buku “Bunda Sayang: 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak”. Kumpulan materi kuliah dan juga pengalaman para bunda yang berjuang menerapkan ilmu yang didadpat di kuliah rutin Institut Ibu Profesional. Cerita tentang dapur buku tersebut saya bagikan di sini.

November 2013 lalu saya dan teman-teman juga mulai merintis usaha penitipan anak berbasis ilmu dari ibu profesional dengan bekerja sama dengan takmir masjid margosari. Sebagai rintisan, kami buka sepekan sekali sebagai  jembatan para ibu yang ingin mengikuti kuliah rutin pagi Institut Ibu Profesional. Alhamdulillah, langsung saja kami mendapat customer rutin tiap pekan termasuk Hanif sendiri. Hehe.

Bulan tersebut juga ternyata merupakan awal saya hamil anak kedua alhamdulillah🙂

Oiya, Oktober 2013 lalu juga awal kelas Computer for Beginner yang bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah Kita Salatiga. Kelas ini merupakan wadah sharing tentang penggunaan komputer dan internet dasar untuk ibu-ibu untuk blogging, mendesain grafis, memantapkan penggunaan microsoft office, dan lain-lainnya.

Desember 2013. Alhamdulillah fokus ke launching dan menangani order buku sampai dengan bulan februari 2014. Ternyata hamil sambil ini itu tepar juga saya. Hehe. Memang hamil kedua ini saya rasakan jauh lebih menguras energi dan emosi dibanding hamil pertama dulu. BEnar-benar, istilah setiap anak adalah bintang tak berlebihan. Setiap anak adalah unik, bahkan sejak dalam kandungan.

Praktis, trimester pertama saya yang ternyata tepar itu membuat kelas Computer for Beginner dan beberapa aktivitas di luar rumah saya stop karena mual-mual saya lumayan mantap.

April – Mei 2014 saya menyusul suami ke Bogor. Selama di Bogor, alhamdulillah  bisa mengikuti kopdarnya grup FB Sunni Homeschooling di Taman Mini Indonesia Indah, meskipun dengan perut hamil besar. Alhamdulillah berkesempatan pula sowan ke saudara-saudara di Jakarta dan Depok. Masih dengan perut hamil besar. Hehe. Edisi Bogor itu sedikit banyak mengajarkan Hanif (dan ibunya juga!) tentang mass rapid transport seperti commuter line karena ternyata commuter line beda banget dengan KRL jaman saya kuliah dulu. Hanif juga jadi terbiasa dengan kereta api Bogor-Sukabumi yang sering kami gunakan untuk ke “kota”. Mungkin lain waktu saya tuliskan pengalaman selama di Bogor yang emskipun singkat, padat sekali ternyata.

Memasuki bulan Juni 2014, kami mulai siaga persalinan. Badan sudah semakin berat untuk banyak aktivitas, tapi masih cukup normal untuk ukuran saya. Setidaknya masih bisa jalan bareng Hanif ke mana-mana. Dan puasa Ramadhan. Alhamdulillah.

Juli 2014. ALhamdulillah, sekeping juli kembali tersusun di puzzle kehidupan kami. LAhir dengan berat 2,67 kg dan panjang 46 cm secara normal dan sangat mendapat kemudahan. Hisyam Abdurrahman. Babak baru sebagai ibu LDR dengan dua anak segera dimulai. Bismillah.

Agustus 2014. Memutuskan cuti dari kegiatan toko online Toko Salatiga dan fokus memulihkan fisik mental pasca melahirkan yang ternyta beda dengan post partum anak pertama. Alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih baik dan saya rasakan bahwa menulis itu menjadi upaya terapi tersendiri.

4 September 2014. Diberi amanah Institut Ibu Profesional Salatiga untuk sharing di Radio Suara Salatiga. Bergantian dengan teman-teman, setiap Jumat pagi kami sharing tentang parenting dan pernik-perniknya. Sekali lagi bersyukur dengan basis kuliah saya di komunikasi karena sangat-sangat mengurangi ke-grogi-an broadcast perdana saya ini. Alhamdulillah.

***

Setahun berlalu dengan cepat dan terlalu banyak hal yang harus dicatat. Sekadar upaya agar selalu ingat dan lekat. Begitulah cerita sejak setahun lewat.

Tinggalkan Balasan

