Kumpul Seru: Berkumpul Mendulang Ilmu

Beberapa kali inbox masuk ke saya berisi tentang pertanyaan tentang ide kegiatan untuk mengisi acara di komunitas. Kesempatan bergabung dengan komunitas kreatif di Salatiga membuat saya terbiasa dengan paparan kegiatan kreatif yang ternyata sadar tidak sadar menginspirasi saya. Jazakumullah khoiron.

Entah karena saya kerajinan cerita di medsos atau faktor yang lain, ujungnya adalah masuknya beberapa inbox yang bertanya tentang ide kegiatan maupun seluk beluk mengadakan kegiatan. Jadi, kali ini saya akan berbagi tentang  ide-ide kegiatan kelompok yang selama ini kami lakukan.

Seminar. Kegiatan ini lebih bersifat resmi dan in door, sehingga kadang membosankan untuk anak-anak. Skalanya juga biasanya besar dalam artian melibatkan banyak elemen untuk mengadakannya. Perlu modal networking yang serius sebagai modal utamanya. Alhamdulillah pernah mengadakan seminar parenting yang disambut antusias oleh para target peserta. Silakan mampir ke sini untuk ceritanya.

Saresehan. Merupakan versi santai dari seminar. Bisa lesehan sambil berbagi dan anak-anak klinteran di sekitar kita. Bisa dilakukan in door maupun out door. Komunitas ibu yang saya ikuti seringkali mengadakan acara model begini. ALhamdulillah beberapa sempat saya tuliskan di sini. Hehe

Kelas keterampilan alias workshop. Dilakukan dengan bersama-sama datang ke praktisi ilmu terapan tertentu (memasak, crafting, seni, dsb) dan praktek bareng di lokasi tersebut. Lebih ekonomis karena panitia biasanya hanya mengkoordinir transportasi, biaya bahan (jika ada) dan cindera mata untuk narasumber. Artinya, kerepotan menyiapkan alat-alat praktek bisa diminimalisir. Bisa diatur workshop untuk anak-anak atau untuk orang tua dengan memilih narasumber yang tepat. Contoh workshop yang pernah saya koordinir ada di sini dan di sini.

Play day. Main bareng. Panitia menyiapkan aneka alat permainan dan dilengkapi dengan petunjuk permainannya. Peserta tinggal datang dan main sepuasnya. Alhamdulillah kemarin sempat ikut Family Play Day seperti yang saya ceritakan di sini.

Mbolang bareng. Pergi bersama ke lokasi edutainment seperti museum, situs bersejarah,  dan lain-lainnya untuk belajar sepuasnya di lokasi.

Buanyak sekali ide yang bisa digali untuk membuat kegiatan bersama. Terlebih lagi, gugling atau bergabung ke komunitas kreatif akan membantu memberikan leih banyak ide untuk dapat menjadi inspirasi. Semoga bermanfaat yaa!

Tinggalkan Balasan

