Insert Clodi yang Paling Bagus

Pertanyaan tersebut sering sekali ditanyakan oleh teman-teman yang baru berkenalan dengan clodi. Para pengunjung Toko Salatiga pun tak jarang yang menanyakan soal insert ini. Jadi, rasa-rasanya saya perlu menuliskan juga di sini agar bisa sedikit menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Penamaan insert mengacu kepada bahan pembuat insert tersebut. Ada juga yang menyebut insert sebagai soaker. Berdasarkan besarnya daya tampung bahan insert pada ketebalan yang sama, daya tampung paling tinggi adalah hemp. Di bawah hemp adalah bahan eucalyptus, bamboo, dan terakhir microfiber.

Dalam pembicaraan mengenai insert, ada konsep mendasar yang harus kita pahami bersama terlebih dahulu. Konsep tersebut adalah mengenai daya tampung dan daya serap.

Daya tampung insert adalah besarnya kecilnya kemampuan sebuah bahan insert dalam menampung cairan (pipis) dalam waktu tertentu. Daya tampung ini biasanya ditunjukkan dalam satuan cc atau ml. Daya serap insert adalah cepat lambatnya kemampuan sebuah bahan insert dalam menyerap cairan (pipis).

Microfiber

Insert dengan bahan ini adalah yang paling sering dijumpai di Indonesia. Bahan microfiber memang memiliki daya serap paling cepat dan tahan banting nyaris untuk semua kondisi. Sekilas, tampilannya seperti handuk lembut.

Beberapa produsen clodi mengkombinasikan insert berbahan microfiber dengan bahan microfleece yang lebih lembut jika bersentuhan langsung dengan kulit namun tetap bersifat stay dry (tetap kering).

Microfleece adalah material yang diberi finishing jenis fleece. Material yang digunakan biasanya adalah katun, polyester, atau nylon.

Fleece itu sendiri merupakan imitasi wol. Fleece terkenal sebagai pelapis dari produk tesktil sehingga mungkin Anda akan menemui istilah polyester fleece, cotton fleece, microfleece, polar fleece, bamboo fleece, dan lainnya. Jadi, maksud dari cotton fleece, misalkan, adalah katun yang diberi lapisan fleece. Biasa digunakan sebagai bahan inner karena sifatnya menjauhkan cairan sehingga terasa tetap kering.

Bamboo.

Disebut juga bamboo cotton. Bersifat lentur dan memiliki kemampuan untuk menampung air lebih banyak daripada bahan katun. Bambu merupakan tumbuhan yang sangat mudah dikembangbiakkan sehingga dengan peremajaan yang tepat, produksi kain bambu secara massal tidak akan membebani lingkungan.

Untuk popok kain, serat bambu biasanya dicampur dengan polyester agar permukaannya kering. Kelemahan kain yang dibuat dari serat bamboo adalah agak lebih lama kering saat dicuci dan mudah sobek jika terlalu sering dicuci-kering-pakai. Kelebihan yaitu ringan dan mudah saat pencucian noda.

Selain bamboo-cotton, ada juga bamboo charcoal. Terbuat dari serat arang bambu yang dicampur dengan bahan lain seperti katun dan atau polyester. Kelebihan arang bambu ialah bisa menangkap dan memancarkan kembali sinar inframerah sehingga bersifat antibakteri. Dan kelebihan bahan polyester adalah sifatnya yang tidak menyimpan air, jadi permukaan inner layer tidak basah dan bayi merasa nyaman karena tetap kering.

Kain Bamboo Charcoal yang dipakai untuk popok kain umumnya menggunakan perbandingan 35% serat arang bambu + 65% serat polyester. Semakin tinggi kandungan arang bambunya makin gelap warnanya dan makin kuat kadar inframerahnya.

Clodi dengan insert bamboo charcoal murni belum pernah dijumpai. Clodi yang mengklaim diri menggunakan insert dengan bahan bamboo charcoal ternyata berbahan microfleece charcoal. Bamboo charcoal biasanya bersifat dingin dan jatuh, mirip dengan cotton bamboo.

Eucalyptus

Insert dengan bahan ini biasanya direkomendasikan untuk bayi dengan jumlah pipis yang membanjir atau penggunaan di malam hari. Sama seperti insert bamboo, insert eucalyptus juga relatif mudah sobek setelah pemakaian beberapa waktu karena memang seratnya lebih halus dibanding serat sintetis.

Serat eucalyptus ini biasanya digunakan untuk membuat kain jenis viscose. yang sering dipergunakan dalam pakaian-pakaian model busana pesta, casual wear, lingerie, underwear, sampai jaket.. Bahkan di Inggris, telah ada yang menggunakan serat ini untuk membuat jeans. Serat ini memiliki sifat lembut dan dingin di kulit, bahannya jatuh dan mengkilat, serta mudah rusak jika direndam dengan deterjen lebih dari 1 jam.

Hemp

Hemp merupakan serat alami dari tumbuhan perdu. Sejarah menunjukkan bahwa serat hemp telah lama dikenal dan dimanfaatkan. China sekitar 12,000 tahun yang lalu telah memanfaatkan hemp untuk kebutuhan serat pakaian dan pakan ternak. Kini hemp mulai dipertimbangkan sebagai alternatif sebagai serat tekstil, bioenergi, konstruksi, dan dunia medis.  Yang terbaru, BPPT Indonesia sedang melakukan penelitian rompi anti peluru berbahan serat hemp.

Hemp juga dikenal dengan istilah ganja industri. Sekilas, daun hemp mirip sekali dengan ganja. Namun berbeda dengan ”ganja sungguhan” alias marijuana,  hemp sebenarnya varietas yang sama sekali berbeda dengan marijuana (Cannabis sativa  L.).  Nama ilmiah hemp adalah Musa textilis  Nee.

Perbedaan utamanya adalah pada kadar THC (Tetrahydrocannabinol), dimana kandungan psikoaktif marijuana sekitar 5-20% sedangkan kandungan maksimum THC hemp adalah 0,000010%. THC (Tetrahydrocannibinol) adalah salah satu dari 400 bahan kimia yang ditemukan di dalam ganja. THC-lah yang menyebabkan pengaruh yang mengubah suasana hati.

Serat hemp juga memiliki daya serap sangat kuat terhadap air dan minyak. Ciri paling mencolok dari insert berbahan hemp adalah warnanya yang kecoklat-coklatan dan tidak seputih microfiber.

***

Sebagian besar clodi yang kita jumpai — dan saya miliki sekaligus saya jual di Toko Salatiga — menggunakan insert bahan microfiber. Sebagian kecil dari yang saya punya merupakan microfiber dengan lapisan microfleece. Saya tidak menyebut merk yaa.. Hehe..

Nah, pengamatan saya setelah si clodi berusia lebih dari 3 tahun, insert yang berbahan microfiber ini menunjukkan performa yang sedikit berbeda. Insert murni microfiber (yang saya punya microfiber 3 lapis) menjadi lebih tipis dibanding insert tersebut ketika baru. Untuk menghindari cepat rembes ketika dipakai, saya mensiasatinya dengan menggunakan double insert. Tidak mengapa agak tebal yang penting durasi bisa dipertahankan 3-4 jam. Hehehe

Kondisi tersebut membuat saya lebih suka menggunakan insert microfiber berlapis microfleece karena meskipun sama-sama mengempis, setidaknya saya tidak perlu men-dobel karena jenis insert ini terdiri dari 4 lapis microfiber.

Jadi untuk kasus saya — karena saya sudah cocok dengan clodi merk tertentu dalam hal desain cover dan inner-nya — kesimpulan yang saya dapat adalah stok insert tambahan yang perlu saya pilih adalah yang tipe microfiber berlapis microfleece.

Salam clodi❤

2 thoughts on “Insert Clodi yang Paling Bagus

    • mohon maaf sekali baru membalas, mbak shelli😦

      Bagaimana pengalamannya berclodi mbak? Semoga si kecil makin nyaman ya dengan clodinya🙂

      Fast response untuk ngobrol2 ttg clodi bisa sms.wa ke 085640007690 ya mb🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s