Sains di Sekitarmu : Belajar Sains di Dapur

Jaman saya kecil dulu, kata sains memberi makna elit, rumit, dan keren luar biasa. Yang terbayang juga segara rupa alat percobaan di laboratorium. Tabung reaksi, mikroskop, palet-palet sampel, warna-warni cairan reagen, dan macam-macam begitulah.

Jaman anak saya kecil, saya bersyukur karena banyak buku anak-anak bermuatan sains yang sebenarnya sangat sederhana. Yang bahannya ada di sekitar kita. Yang alatnya juga ada di sekitar kita. Dan kita siap membuat macam-macam begitulah.

Lakukan kegiatan menyenangkan di dapur, seperti bereksperimen dengan buah lemon dan kismis, membuat penyaring air dan percobaan lainnya!

Menemukan buku dengan sinopsis semacam itu selalu menarik mata. Siapa sangka bahwa kecap bisa menyulap koin lama yang bulukan menjadi kinclong seperti digosok Bras*o (merk pengilap logam yang terkenal itu)? Bagaimana bisa?

Atau tahukah kita bahwa membuat Maringue adalah salah satu percobaan sains tentang SEL yang sangaaat luar biasa? Iya,maringue.. tahu kaan apa itu maringue? Atau ada juga yang menyembutnya Schumpie. Makin penasaran bukan?

Ada sepuluh percobaan yang hampir tak terpikirkan ada di buku ini. Dilengkapi dengan daftar istilah yang bisa jadi masih sulit dipahami anak-anak juga di bagian belakang buku ini.

Oiya, buku ini menyajikan berbagai percobaan dengan gaya inteaktif. Ada pertanyaan-pertanyaan kuis tebak cepat yang menguji ke-ilmuwan-an kita. Eh anak kita. Belum lagi ilustrasinya yang full berwarna di kertas art paper 150. Seru bangetlah buku ini.

sains

Omong-omong, menjadi ilmuwan itu mirip dengan menjadi penulis. Setidaknya, saat membaca pengantar buku ini di halaman awal.

Sediakan buku catatan kecil agar kami bisa mencatat atau menggambar hal-hal yang terjadi. Ini membuatmu seperti ilmuwan sungguhan. Kamu juga bisa memperbaiki percobaanmu.

 

Judul: Sains di Sekitarmu : Belajar Sains di Dapur
Penulis: Susan Martineau
Penerbit: CIF (2013)
Jumlah halaman: 24
Tema: Lingkunganku (Semester I)
Sentra: Sains

‪#‎ODOPfor99days‬
#day7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s