Buku Anak Pilihan: Matahari

Benda langit selalu menjadi obyek rasa ingin tahu yang besar untuk anak-anak. Mereka akan melihat dengan mata berbinar penuh rasa ketakjuban dan jika terkondisikan dengan baik, meraka akan memberondong kita — orang tuanya — dengan pertanyaan yang tak ada habisnya.

Anak saya begitu maasya allah.

Menggeser rasa penasarannya ke buku adalah salah satu jurus untuk membantunya mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang muncul. Termasuk soal benda langit. Matahari, salah satunya.

Menemukan buku ini untuk menjawab pertanyaannya atau sekadar menjadikan buku pengantar tidur merupakan kebahagiaan tersendiri. Buku ini lebih cocok untuk anak usia sekolah dasar sebenarnya. Jikapun dibacakan ke anak usia PAUD maka orang tua atau pendamping diharapkan peran aktifnya menjelaskan berbagai ilustrasi menarik dalam  buku ini. Bagi anak usia PAUD, ilustrasi buku ini memang memancing rasa ingin tahu dan berbagai pertanyaan seputar matahari.

Hal yang menjadi catatan saya, halaman awal buku ini menceritakan tentang mitos matahari dalam berbagai budaya. Mempertimbangkan bahwa anak usia PAUD adalah masa emas untuk menancapkan aqidah yang lurus, maka halaman ini hanya saya bacakan judulnya saja. Lalu bergeser ke halaman berikutnya. Alhamdulillah sejauh ini si sulung lebih tertarik mendengar ibunya membacakan halaman-halaman selanjutnya.

mata

Disajikan full color dengan kertas art paper 100, buku ini dilengkapi beberapa percobaan menarik dan sederhana terkait matahari. Kata-kata sulit juga diberikan penjelasan khusus di halaman akhir buku.

Judul: Menjelajah Ruang Angkasa: Matahari
Penulis: Paulette Bourgeois
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo (2002)
Jumlah halaman: 33
Tema: Alam Semesta (Semester II)
Sentra: Sains

#ODOPfor99days
#day10

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s