Nice Home Work #3 Part 2

 

Hati-hati ya, teman..🙂

Jika engkau membuka posting ini dan berharap mendulang berbagai inspirasi, mungkin saya akan mengecewakanmu. Ada banyak hal yang terjadi sehingga membagikan detail puzzle kehidupan menjadi begitu bersifat pribadi. Dan banyak hal yang terjadi mengantar saya untuk mengambil prioritas keputusan. Namun, ada hal-hal yang tetap harus ditunaikan sampai garis akhir perjanjian.

Buatlah buku untuk masing-masing anak, ini adalah sejarah untuk mereka. Di dalam buku tersebut berisi pengamatan Bunda selama ini.
a. Apa saja keunikan yang dimiliki anak-anak?
b. Kegiatan-kegiatan apa saja yang membuat mata mereka berbinar-binar?
c. Prioritas ‘materi kehidupan apa saja” yang akan anda berikan ke masing-masing anak secara bertahap?
d. Fitrah-fitrah apa saja yang akan anda perkuat untuk anak-anak secara bertahap?
e. Dll (masing-masing keluarga bisa berbeda kebutuhannya)

Mencatat dan menganalisis anak-anak alhamdulillah sudah menjadi bagian dalam buku harian maupun laporan harian. Hubungan jarak jauh dengan si bapak menempa kami untuk harus selalu rutin melaporkan perkembangan anak-anak. Dalam bahasa yang terkadang nano-nano. Seperti gambar berikut ini misalnya.

jamu

Sekilas buku kami tentang anak-anak memang sederhana saja. Pada prinsipnya, kami membuat dua jenis buku. Buku digital dan buku manual. Kami belajar untuk menganalisis perkembangan anak-anak dengan metode ini. Buku digital yang paling efektif kami rasakan adalah melalui obrolan yang kami dokumentasikan dalam bentuk back up percakapan. Percakapan yang mengalir membahas tiap aspek perkembangan berdasar kasus yang sedang kami angkat.

Bentuk pengamatan lain kami tuangkan dalam buku manual. Biasanya saya membuatnya dalam bentuk peta pikiran maupun diagram-diagram sehingga dalam selembar kertas sudah mewakili semua aspek yang menjadi pengamatan kami.

hafalan

Demikianlah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s