Nice Home Work #8

Pasir waktu matrikulasi tinggal tersisa sedikit. Hari ini sudah masuk ke tugas ke -8. Entah jika di depan ada tugas 9.1 sampai 9.10. Hahaha

Kali ini temanya tentang.. agent of change. Jadi ingat jaman kuliah. Mahasiswa adalah agent of change. Dan ternyata saat jadi mahasiswa matrikulasi kali ini, muncul juga tema itu. Mahasiswa adalah agent of change. Hahaha *lagi

BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai :
PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa meneyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Maaf ya banyak tertawa, sedang dapat bonus waktu karena bisa mengerjakan tugas di sela para bocil main air. Tapi mohon dimaafkan kalau ngetiknya juga wussss :p

Untuk menjawab NHW#8 ini saya akan mengangkat salah satu proyek sosial saya yang saya lakukan bersama teman-teman yang terhitung langka. Apakah itu? Mari menyimak aplikasi rumus tersebut dalam gambar berikut:

nhw 8.1

Mengapa operasi semut merupakan simpulan dari kolom-kolom di sebelah kirinya? Begini ceritanya…Mengutip dari informasi yang sudah saya sampaikan di facebook.

Berawal dari keprihatinan atas ringannya tangan2 terpelajar utk membuang sampah sembarangan saat Salatiga Expo 2015. Berlanjut dari keinginan mengajak si kecil untuk belajar peduli dengan sampah sejak dini. Bersambut dukungan dari kawan2 dari berbagai kalangan. Jadilah Operasi Semut.

Belajar pada semangat kerja sama bangsa semut, yang dengan bergotong royong menaklukkan tantangan besar kehidupan mereka. Berterima kasih atas inspirasi Kakek Hakimi Sarlan Rasyid.

Menulis masuk ke dalam isian tabel karena kekuatan tulisan untuk memperluas ide sosial ini saya rasakan memang menakjubkan bi idznillah. Setidaknya makin banyak yang tahu soal keberadaan operasi semut ini dengan perantara tulisan yang dibuat di sela-sela aktivitas membersamai ananda.

Ide ini juga bisa berdampak pada kehidupan rumah tangga dengan cara yang tidak biasa. Siapa yang tak terharu melihat ananda tertib membuang sampah di tempatnya tanpa diminta? Siapa yang tak meleleh melihat ide kreativitas bermunculan dari sesuatu yang awalnya tergolong sampah? Dan masih buanyaaaak lagi, maasya allah.. Maka, menurut pendek pendapat saya, ide ini berkorelasi dengan tugas-tugas NHW sebelumnya yang sudah saya paparkan.

Soal jumlah peserta, itu lain waktulah saya coba ceritakan. Insya allah.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s